2.1 Sejarah Komputer
Dengan kecanggihan
computer dimasa sekarang pastilah computer sendiri memiliki sejarah dari mulai
pembuatan pertamanya, berikut adalah sejarah computer dari generasi ke generasi
:
a. Komputer generasi Pert
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang
terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam
pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.
Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri
komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus
bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua,
keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang
berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu
menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur
Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik
untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola
kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat
diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer
(ENIAC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan
University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor,
dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar
yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert
(1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark
I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957)
bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep
desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik
komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer
(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program
ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat
dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von
Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC
I (Universal Automatic Computer I)
yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan
model arsitektur Von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan
General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai
oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D.
Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta
bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube
vakum
(yang membuat komputer pada masa
tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
b. Komputer generasi
kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi
perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,
dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi
kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah
1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi
keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan
bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa
bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industr peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
c. Komputer generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,
namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi
merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang
insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen
elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke
dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
d. Komputer generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas:
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very
Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip
tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping
uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian,
setiap peranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan
electronic fuel injection (EFI)
dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa
untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Peranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan
di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta
unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun
kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran
yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer)
menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan
komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam
memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena
memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan
peranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM
compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III,
Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb.
Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk
menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu
komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan
dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan
juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan
komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau
LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
e. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup
sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi
kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001: Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar
untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan
belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi
yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan
rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi
jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa
informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan
membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
2.2 Jenis Komputer
Komputer zaman
sekarang sudah merupakan barang yang tidak asing lagi, bahkan merupakan sebuah
kebutuhan, dari segi disain dan fungsinya berbagai jenis komputer telah di
ciptakan untuk mempermudah kinerja para penggunanya
Dan jenis-jenis
komputer tesebut diberikan nama sesuai dengan fungsinya masing-masing antara
lain mari kita lihat beberapa jenis komputer
a. Personal Computer (PC)
Adalah istilah yang
digunakan untuk komputer yang diletakkan di atas meja (Desktop Komputer);
biasanya yang diletakkan diatas meja hanyalah monitor, mouse dan keyboard, sementara
CPU diletakkan dibawah meja. Komputer ini terpisah antara CPU dengan
monitornya. Biasanya komputer ini banyak digunakan untuk keperluan mengakses
atau mengedit data dengan waktu yang cukup lama, dan juga banyak digunakan oleh
para gamers.
Komputer ini dapat di upgrade dengan mudah
dibandingkan dengan komputer lainnya untuk meningkatkan performa komputer
tersebut.
b. Desknote
Selain PC yang
diletakkan di atas meja, ada juga komputer portable dengan ukuran yang lebih
kecil dari PC, namun tidak memiliki baterai. Catu daya yang digunakan
langsung dari colokan listik yang ada. Dengan catu listrik maka harganya tidak
semahal Laptop (komponen batere merupakan salah satu komponen yang mahal). Disebut
desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk penggunaannya sering
ditaruh dimeja dengan catuan listrik dan dapat dilipat untuk mempermuadah
penyimpanan.
c. Laptop
Adalah komputer yang
bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan
keyboard menyatu menyerupai sebuah buku. Untuk menggunakannya dibuka terlebih
dahulu. Kenapa namanya laptop? Karena setiap penggunanya selalu menaruh di atas
pangkuan (lap)
d. Notebook
Setelah populernya
istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis.
Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah
notebook. Bentuknya hampir sama dengan laptop untuk mengetahui perbedaan
antara Laptop.
e. Netbook
Komputer ini keluar
sekira 2 atau 3 tahun terakhir. Kebutuhan orang untuk terhubung ke internet
setiap saat baik untuk chatting, surfing, update blog, facebook dan sebagainya.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pabrikan berlomba-lomba membuat komputer
portable yang ringan dan murah tetapi fiturnya dibatasi dari laptop dan
notebook . Dari kondisi inilah lahir perangkat netbook atau notebook yang
diperuntukkan bagi para netter (pelaku internet)
f. Subnotebook
Adalah notebook yang
ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15
inch. Subnotebook kisaran layarnya berkisar antara 10-13 inch. Bentuk gambarnya
mirip dengan Netbook
g. Palmtop
Dengan berkembangnya
teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan
ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop. Dengan
bentuk menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa
kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email
h. PC Tablet
Kebutuhan pengguna
PC/notebook untuk bekerja dan berkomunikasi membuat pabrikan menciptakan alat
input (input) device selain keyboard
dan mouse. Alhasil muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang disebut
dengan stylus. Stylus digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana
monitornya bisa diputar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas.
Komputer ini dinamakan PC Tablet
i. Rugged Laptop
Adalah laptop yang
dikhususkan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau
berpotensi terhadap benturan, getaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung
untuk penggunaan PC biasa. Harganya paling mahal, dan PC ini biasanya digunakan
oleh Pelaut, penyelam, Militer dan pekerja yang melakukan pekerjaan di
lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang ekstrim.
j. All in One PC (Touchscreen PC)
Komputer dimana
motherboard, Processor, memory dan komponen komputer lainnya bersatu dengan
monitor. Ukuran komputer ini beragam bisa mencapai 62 inc. Komputer ini juga
dilengkapi dengan port Keyboard dan mouse wireless, selain itu layarnya juga layar sentuh, sehingga
dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.
Biasanya komputer ini
banyak digunakan di tempat umum, untuk melayani pelanggan yang datang seperti
di Bandara penerbangan, Rumah sakit, Mall dll.
Sebenarnya masih banyak lagi bentuk komputer,
dan setiap tahun akan bertabah jenis komputer untuk menyesuaikan dengan
perkembangan teknologi
2.3 Ruang linkup Jaringan komputer
Jaringan computer (computer
network) adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang bertujuan
melakukan pertukaran data dengan mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat
lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan
pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan
efisiensi kerja.
Server
merupakan pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja
(workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur
kegiatan pengguna computer atau pemakai (user), dan memonitor kerja dari
beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi mengatur pemakai
computer dalam menggunakan perangkat lunak (software)
ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi untuk menangani (file) yang
dapat diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
Client adalah perangkat yang akan terhubung ke
jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa komputer, tetapi dapat juga
berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang
pemakai komputer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server
akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta
oleh client.
Agar
proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara
server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut
berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut
saling berkomunikasi dengan baik.
0 Comments:
Posting Komentar