3.1 ELEMEN
DASAR SISTEM KOMPUTER
1. Software
2. Hardware
3. Brainware
3.1.1
Software
1.
Software Sistem
a.
Sistem Operasi (OS) : Windows,
MacOS, LINUX, BSD, UNIX dsb
b.
Programming Language (Bhs.
Pemrograman) : Assembly, Pascal, C, C++, Perl,
2.
PHP, dsb.
a.
Utility Sistem : Scandisk,
Fdisk, dsb
3.
Nb: Windows ialah salah satu OS
yang dibuat dengan bahasa JavaScript dan VbSript.
A. Application Software
a.
Custom Made Software: Software
yang dibuat sesuai kebutuhan (seperti software penghitung bea listrik dari VB6,
sudah dicoba di TKj loh)
b.
Commecial Software/ Package
Software
Word Processor, Desktop Publishing, Spreadsheet, Graphic
Software, Database Management System .Perangkat lunak aplikasi umumnya
menangani data jenis text, number, picture,sound dan video
B. Hak Cipta Perangkat Lunak
a.
Software Gratis : Freeware,
Public Domain (GNU)
b.
Software dengan hak cipta :
copyrighted software, shareware
C. Lisensi Software Komputer
Menurut Microsoft dalam "The Halloween Document" beberapa jenis lisensi
untuk program komputer:
a. Commercial License
Seperti Microsoft yang melengkapi windows dengan
officenya, lotus, oracle.
software tersebut dibuat untuk kepentingan komersial, sehingga user
yang mau
memakai harus mendapat izin dari pemegang hak ciptanya
b. Trial License
Biasa ditemui pada software untuk kepentingan demo
sebelum diluncurkan kepasaran tetapi memiliki izin dalam bentuk masa aktif.
lisensinya mengizinkan pengguna untuk memakai, menggandakan software secara
bebas tapi terhalang oleh keterbatasan fungsi (layanan) dan masa aktif
c. Non Commercial License
Diperuntukkan untuk kalangan pendidikan/ yayasan
tertentu dibidang sosial (seperti pustaka maya). sifatnya non komersial
(gratis) tapi dengan batasan tertentu
d. Shareware License
d. Shareware License
Mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin ataupun
menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta, berbeda dengan trial
license ini tidak dibatasi oleh batas waktu dan memiliki fitur lengkap dan
biasa ditemukan pada pembuat software kecil.
e. Freeware License
Ditemui pada software yang bersifat mendukung/ fasilitas
tambahan seperti plug-in.
f. Royalty- Free Binaries License
f. Royalty- Free Binaries License
Serupa dengan
freeware tapi produknya ialah berbentuk library yang berfungsi melengkapi
software yang sudah ada (semacam tool).
g. OpenSource License
Membebaskan user untuk menjalankan, menggandakan,
menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kerja software.
berbagai jenis license opensource berkembang sesuai kebutuhan. seperti GNU/
GPL, The FreeBSD, MPL. jenis software yang memakai lisensi semacam itu seperti
Linux, Sendmail, Apache dan FreeBSD
3.1.2 Brainware
Di dalam komputer terdapat 2
perangkat yaitu Perangkat Lunak (Software)
dan Perangkat Keras (Hardware).
Tetapi dewasa ini, telah lahir sebuah perangkat yang telah dipadukan oleh
manusia sebagai pemakainya. Perangkat tersebut disebut dengan nama Perangkat
Akal (Brainware). Perangkat akal (brainware) itu sendiri adalah sebuah Istilah yang digunakan untuk manusia
(user) yang berhubungan dengan sistem
tersebut. Untuk lebih mudahnya,perangkat akal (brainware) adalah orang yang menggunakan komputer itu sendiri.
Manusia (user) merupakan suatu elemen
dasar dari sistem komputer setelah hardware dan software. Maksudnya adalah bila tidak ada manusia maka sebuah
komputer tidak bisa digunakan sebagaimana yang diharapkan. Jadi manusia adalah
orang yang merancang bagaimana suatu mesin tersebut dapat bekerja sesuai dengan
hasil yang diinginkan atau yang diharapkan.
Perangkat
Akal ini digolongkan menjadi beberapa kelompok, yaitu :
1. Sistem Analisis
Beberapa pengertian dari sistem
analisis :
a. Orang yang Bertugas untuk
menganalisis masalah yang berhubungan dengan komputer serta merancang sistem
komputer.
b. Seseorang yang menggunakan
pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah
bisnis,dibawah petunjuk manajer sistem.
c. Seseorang yang bertanggung jawab
untuk menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem (user) itu sendiri kedalam
spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan diawasi oleh manajemen.
2. Fungsi sistem analisis :
a. Mengidentifikasi masalah-masalah
dari pemakai/user.
b. Menyatakan secara spesifik sasaran
yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.
c. Memilih alternatif-alternatif metode
pemecahan masalah.
d. Merencanakan dan menerapkan
rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.
3. Tugas-tugas umum dari sistem
analisis :
a. Mengumpulkan dan menganalisis
formulir,dokumen,file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan.
b. Menyusun dan menyajikan laporan
perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada user.
c. Merancang suatu sistem perbaikan
dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer.
d. Menganalis dan menyusun biaya-biaya
dan keuntungan dari sistem yang baru.
e. Mengawasi semua kegiatan dalam
penerapan sebuah sistem yang baru.
4. Langkah kerja sistem analis :
a. Tahap mengidentifikasi masalah
kebutuhan user.
b. Tahap melaksanakan studi kelayakan.
c. Tahap analisis dan rancang sistem.
d. Tahap penerapan sistem.
e. Tahap evaluasi dan pemeliharaan.
5. Programmer
Orang yang bertugas
untuk membuat program yang akan diterapkan pada komputer.
6. Tugas programmer
Pekerjaan dari seorang
programmer adalah membuat program berdasarkan spesifikasi proses yang ditetapkan
oleh perancang aplikasi. Hasil dari pekerjaan ini tentu adalah program yang
dapat dijalankan,baik secara mandiri atau sebagai modul yang digunakan oleh modul
atau program lain. Program yang dihasilkan itu sendiri,seharusnya terbebas dari
kesalahan sintaks tetapi juga harus bebas dari kesalahan logika. Untuk
mengetahui bahwa program yang dibuat sudah terbebas dari kesalahan maka harus
dilakukan pengujian terhadap program tersebut.
7. Pengujian
Pengujian
program harus dilakukan pertama kali oleh pemrogram itu sendiri, setelah itu
baru diserahkan dan dilakukan pengujian oleh penguji (tester) program. Bahan untuk pengujian harus disiapkan oleh
perancang aplikasi atau pengguna. Bahan untuk pengujian suatu modul program
akan terdiri atas banyak data dan prosedur. Setiap data dan prosedur disebut
sebagai kasus uji (test case).
Satu modul
akan memiliki banyak kasus uji. Mengapa? Karena di dalam suatu program atau modul,
pada umumnya, di dalamnya akan terdapat lebih dari satu prosedur atau fungsi.
Setiap prosedur dan fungsi akan memiliki kegunaan sendiri, maka sudah
seharusnya setiap fungsi atau prosedur harus diuji. Pengujian pada level
prosedur atau fungsi disebut sebagai pengujian pada level unit.
8. Permasalahan programmer
Permasalahan yang sering timbul
dalam suatu proses pengembangan adalah Perilaku dari programmer yang bisa jadi
cukup menjengkelkan manajemen, yaitu programmer tidak melakukan pengujian
dengan baik dan benar. Terkadang programmer hanya memperbaiki program, kemudian
melakukan kompilasi. Jika kompilasi sudah tanpa kesalahan, programmer
menganggap bahwa program telah benar.Spesifikasi program dari perancang
aplikasi tidak selalu disertai dengan kasus uji, sehingga sering kali pengujian
dilakukan oleh programmer tidak seperti yang diharapkan. Jadi ala kadarnya.
9. Operator
Orang yang bertugas
untuk mengoperasikan program yang telah dibuat oleh seorang programmer. Tugas
dari seorang operator adalah. Memelihara dan mengontrol fisik perangka.t di
ruang komputer. Mengontrol dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat
pendukung ruang.mempersiapkan dan mengoperasikan perangkat dan media rekaman
(disk/tape) sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.Membuat catatan mengenai
kesibukan komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi
komputer. Memproses data sesuai dengan
ketentuan (waktu prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran). Menjaga
keamanan benda inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang
yang tidak berhak. Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.
10. Teknisi
Orang yang mempunyai
tugas untuk melakukan perawatan atau perbaikan terhadap peralatan komputer yang
mengalami kerusakan dan menganalisa serta mencari solusi kerusakan yang ada
pada sebuah computer dan Interaksi antar komponen.
Dari ketiga komponen
dalam sebuah sistem komputer yaitu hardware,software,brainware,satu
dengan yang lainnya berkaitan erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka
sistem komputer tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya adalah
sebagai berikut,sebuah hardware tidak
akan berfungsi bilamana tidak ada software
yang menggerakkannya. Begitu pula software tidak akan berarti apa-apa bilamana
tidak ada hardware.agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang
diharapkan maka harus ada seorang manusia yang mengoperasikannya,yang disebut
brainware. karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen
elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya
saling mendukung. Kesimpulannya ketiga elemen ini yaitu hardware,software,dan brainware
harus memiliki suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme)
satu dengan yang lainnya agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan
informasi dan data yang dibutuhkan. Jadi Peranan manusia disini didalam
interaksi ini sangat penting (vital) karena seperti yang sudah tertulis di
bagian atas bahwa sebuah mesin komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada
manusia (brainware) yang
menjalankannya.
3.1.3
Hardware
Perangkat keras,
merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat
dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
pada suatu sistem komputer adalah termasuk semua komponen-komponen fisik dari
komputer itu sendiri, juga keyboard, mouse, monitor, speaker, dan lain-lain.
Agar hardware komputer dapat berfungsi dengan baik, suatu komputer memerlukan
program. Program terdiri dari daftar instruksi-instruksi yang memberitahukan
komputer bagaimana melakukan keempat operasi pada siklus pemrosesan informasi
dalam rangka menjalankan suatu tugas atau kegiatan tertentu.
Komputer pada umumnya
adalah komputer pribadi,
(PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- Papan sistem / papan induk yang merupakan tempat CPU,
memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
a. RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak
perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih
besar akan membantu kecepatan PC
b. Buses:
2. Bus PCI
1.Bus ISA
a. ROM (Read Only Memory) di mana
firmware diletakkan
b. CPU (Central Processing Unit)
sebagai otak dan bagian utama komputer
- Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,
kontrol voltase dan kipas
- Pengontrol
penyimpanan, dari jenis IDE,
SCSI atau
lainnya, yang mengontrol hard disk,
Floppy disk,
CD-ROM dan drive
lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu
tambahan
- Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
- Pengontrol
komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire)
untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer
atau scanner
- Beberapa
jenis penyimpanan
komputer:
8. Penyimpanan dalam, menyimpan data
dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
- Kartu suara , menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat
dimengerti oleh speaker, dan
memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
- Jaringan
komputer ,untuk menghubungkan
komputer ke internet
dan/atau komputer lainnya.
- Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras
dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar
atau yang umum digunakan.
a.Input:
b.Output:
3.2 RUANG LINGKUP JARINGAN KOMPUTER
Jaringan
computer
(computer network) adalah hubungan
dua buah computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan
mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan
pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan
efisiensi kerja.
Server
merupakan
pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja (workstation).
Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur kegiatan
pengguna computer atau pemakai (user),
dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi
mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi untuk menangani (file) yang dapat
diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
Client
adalah
perangkat yang akan terhubung ke jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa
komputer, tetapi dapat juga berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan
scanner. Kadang-kadang pemakai komputer disebut juga client. Ketika client
meminta informasi, server akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan
salinan informasi yang diminta oleh
client.
Agar proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh
pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang
dinamakan protocol komunikasi.
Protokol tersebut berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua
computer tersebut saling berkomunikasi dengan baik
0 Comments:
Posting Komentar